Pompa Dorong (Mini Booster Pump)

Pompa Dorong (Mini Booster Pump) ialah salah satu produk pompa yang berfungsi untuk membantu menstabilkan tekanan air di rumah. Pompa dorong ini akan mengatasi masalah tekanan air di rumah, sehingga air yang keluar melalui kran untuk shower kamar mandi, mesin cuci, mencuci mobil atau menyiram taman akan stabil dan lebih kuat. Pompa ini dipasang setelah air keluar dari torrent penampungan air sebelum masuk ke kran.

Di rumah, aku menggunakan merk Grundfos, yaitu Mini Booster Pump Grundfos UPA 15-90. Selain Grundfos, setahu aku ada dua merk lain yang juga memproduksi mini booster pump (pompa dorong) yaitu Wasser & Shimizu. Ketiganya aku pikir cukup berimbang untuk masalah kualitas, perbedaan harga memungkinkan anda memilih dari ketiganya disesuaikan dengan budget masing-masing.

Perbedaan dengan pompa air yang biasa dipasang di sumur dengan pompa dorong adalah hanyalah masalah kegunaan atau fungsinya saja. Pompa air yang biasa dipasang di sumur berfungsi untuk mengalirkan air dari bawah tanah menuju ke torrent penampungan air yang biasanya terletak di atas. Sedangkan pompa dorong berfungsi mengalirkan air/memperkuat (menstabilkan) tekanan air dari torrent penampungan air menuju kran-kran air yang ada di bawah, seperti kran untuk shower kamar mandi, mesin cuci, mencuci piring, mencuci mobil atau menyiram taman.

Spesifikasi Mini Booster Pump Grundfos UPA 15-90:

Tipe Pompa : Mini  Booster Pump
Kapasitas : 30 liter/menit
Head Max : 9 Meter
Power ( P2 ) : 40 Watt

Voltage : 1 x 220 v (1 phase)
Flow Rate (max) : 1.6
Operating Presure : 0.9 Bar
Fitting : 1 buah

Pemasangan pompa ini sangat mudah, anda bisa melakukannya sendiri atau jika tidak mau kotor dan repot silakan menggunakan jasa tukang ledeng langganan anda. Pemasangan cukup mengikuti petunjuk yang disertakan dalam paket pembelian. Satu hal yang penting diperhatikan adalah input dan output, jangan sampai terbalik.

Ada 3 mode yang berlaku di pompa dorong ini

  1. Off, pompa tidak bekerja memperkuat tekanan air.
  2. Auto, pompa bekerja jika ada salah satu kran air yang dibuka. Pilih mode ini.
  3. Manual, pompa bekerja terus menerus walaupun tidak ada kran air yang terbuka. Mode ini tidak disarankan karena dapat menyebabkan kerusakan pompa akibat terlalu panas.

Sebelumnya aku belum pernah tahu tentang pompa dorong ini. Rasa penasaran dan kebutuhan tekanan air yang kuat dan stabil di rumah, mendorongku mencari informasi dan akhirnya ketemu dengan informasi tentang pompa dorong ini. Akhirnya aku membeli dan memasang pompa dorong ini di rumah. Setelah aku pasang pompa ini di rumah, tekanan air yang keluar dari semua kran sangat kuat, berbeda dengan sebelum menggunakan pompa ini, terutama untuk shower kamar mandi dan kran taman yang memerlukan tekanan air yang kuat. Puas dech…

Sekedar tips. Pada saat membeli, anda bisa tes apakah pompa yang anda beli normal atau tidak, dengan cara meniup dari input ke output. Jika tiupan terasa ringan dan lancar keluar melalui output, berarti pompa normal. Jika sebaliknya, maka pompa tidak normal dan mintalah ganti kepada penjual sebelum dibawa pulang.

Semoga bermanfaat.

16 thoughts on “Pompa Dorong (Mini Booster Pump)

  1. Sy beli pb 218ea gak sadar kalau 350 watt. Duh berarti bayar listrik mahal bulanan nih.

  2. Share yang bermanfaat, terimakasih pak.
    Cuma mau tanya apakah Watt yang disebutkan benar segitu pak (40 Watt) ? Apakah ada perbedaan yang lumayan dalam pembayaran listrik bapak sebelum dan sesudah memasang alat ini?

    • Di spesifikasi tertulis 2 power, P1 120 watt dan P2 40 watt. Saya kurang tahu detilnya seperti apa.

      Untuk tagihan listrik, karena sejak saya menempati rumah ini sudah menggunakan pompa dorong ini sehingga saya tidak memiliki data perbandingan besarnya tagihan listrik sebelum & sesudahnya. Namun, seorang teman cerita ttg tagihan listriknya yang jauh berkurang setelah mengaplikasikan pompa dorong ini. Penurunannya bisa mencapai hingga 40%. Hal ini terjadi karena sebelumnya teman saya selalu menyalakan pompa air biasa setiap kali menghidupkan kran untuk menperoleh pancaran air yang kuat.

      Semoga menjawab pertanyaan bapak. Terima kasih.

  3. Infonya berguna sekali pak.

    Sekarang masih Ok kah pompa nya ?

    Saya rencana mau pakai Grundfos juga, tapi yang type UPA 120.
    Soalnya titik terjauh shower saya dari pompa dorong sekitar 12 meter.

    Kalau Pak masrofie sendiri, jarak keran terjauh dari pompa dorong berapa meter ?
    Pada titik keran terjauh itu semburannya masih ok kah ?

    • Pak Firman, terima kasih telah mampir di blog saya.

      Sebagai informasi pompanya sampai saat ini masih berfungsi dengan sangat baik dan tidak ada keluhan sama sekali.

      Untuk keran terjauh berjarak kira-kira 10 meter dari pompa dorong. Pada titik terjauh ini semburannya masih ok dan sangat membantu untuk menyiran taman & sesekali mencuci motor. Tetangga ada yang heran dan bertanya kok bisa semburannya kenceng seperti itu, hehehe…

      • Thank you infonya mas 🙂

        Btw, penempatannya apakah di outdoor atau indoor ?
        Rencananya saya mau pasang outdoor, sepertinya harus dibuat atap yah.

        Suaranya apakah berisik ?

        Kalo ada 1 kran dibuka setengah apakah otomatis nyala ?

      • Penempatannya di outdoor setelah tandon air, namun terlindungi oleh atap polycarbonate bening, shg terlindungi dari hujan.

        Tentang suara pompanya, sangat halus tidak terdengar sama sekali, sampai utk ngecek nyala atau tidak saya mesti nempelin tangan ke pompa, bergetar atau tidak.

        Kalau kran terbuka walaupun setengah, otomatis pompa menyala jika setting pompa dibuat otomatis. Karenanya pastikan tidak ada kebocoran jika setting pompa otomatis. Jika menghendaki ada kran yg dibuka setengah, sebaiknya pompa setting manual, jadi pompa dinyalakan ketika ingin digunakan.

  4. sip.. makasih share penglamanya masroffie, memang maksud saya bukan membuka keran dalam waktu bersamaan.. tapi lebih tepatnya mampu mendorong air dari torrent ke semua titik line air (keran)…

    Saya mau beli jenis ini, cuma diragukan dgn statement beberapa penjual dan beberapa sumber di internet yg mengatakan hanya khusus untuk 1 titik air saja (1 keran)….

    ngomong2 masih bekerja dgn baik dan normal kah pompanya mas?

    • Menurut saya yang penting pasang pompa dorongnya setelah torrent sehingga berfungsi ke semua titik keran.

      Sampai saat ini masih bekerja dengan baik dan alhamdulillah tidak rewel….

      Krn sudah terbiasa dg pompa dorong, kalau pas listrik mati, jadi kerasa banget enaknya pakai pompa dorong

  5. apakah pompa grundfos UPA 15-90 ini benar2 mampu mendorong ke semua titik keran? saya menanyakan beberapa referensi katanya hanya untuk 1 titik keran saja,,, membaca artike masroffie di atas, saya jd ingin menanyakan lgsg…

    apakah benar bisa mendorong ke semua titik keran? atau hanya instalasi ke 1 titik saja? thks

    • Kalau pertanyaaannya untuk semua titik keran dalam saat yang bersamaan, terus terang saya belum pernah mencobanya & hampir tidak pernah semua titik keran digunakan bersama.

      Namun kalau 2 atau 3 titik keran dalam waktu bersamaan, saya jawab IYA, misal keran shower kamar mandi digunalan bareng dengan keran mesin cuci atau bareng juga dengan keran taman.

      Semoga membantu ya…

  6. menarik informasi yang disampaikan diatas, saya juga berniat untuk membeli pompa booster untuk meningkatkan tekanan air di water heater, tetapi sebelumnya mohon informasinya, ketika posisi pompa di auto, apakah ketika kran dibuka atau ditutup bisa on off dengan sendirinya, terimakasih

    • Betul banget om, ketika posisi pompa auto maka pompa on/off mengikuti dibuka/ditutupnya kran. Jadi pastikan juga tidak ada kebocoran kran atau saluran air agar pompa tidak on terus menerus.

Leave a comment